Fungsi dan Bentuk Motivasi di Sekolah

Fungsi Motivasi

One. Memberi semangat dan mengaktifkan murid agar tetap berminat dan siaga untuk belajar.
Two. Memusatkan perhatian anak pada tugas-tugas tertentu yang berhubungan dengan pencapaian tujuan belajar
Three. Membantu memenuhi kebutuhan akan hasil jangka pendek dan hasil jangka panjang. 
Adapun menurut Dr. Oemar Hamalik motivasi berfungsi sebagai:
1. Mendorong timbulnya tingkah laku atau perbuatan. Tanpa motivasi tidak akan timbul suatu perbuatan-perbuatan misalnya belajar.
2. Sebagai pengarah, artinya mengarahkan perbuatan untuk mencapai tujuan yang dinginkan.
3. Sebagai penggerak, artinya menggerakkan tingkah laku seseorang besar-kecilnya motivasi akan menentukan cepat atau lambatnya suatu pekerjaan. 

Lain halnya menurut Prof. Dr. Nasution. N.A. Motivasi berfungsi sebagai:
1. Mendorong manusia untuk berbuat, yaitu sebagai penggerak.
2. Menentukan arah perbuatan, yakni ke arah tujuan yang ingin dicapai.
3. Menyeleksi perbuatan yaitu menentukan perbuatan-perbuatan apa yang harus dijalankan yang serasi guna untuk mencapai tujuan yang diinginkan. 

Bentuk-bentuk Motivasi di Sekolah

Ada beberapa bentuk motivasi untuk menumbuhkan minat belajar siswa di sekolah yaitu:
One. Memberi angka adalah sebagai simbol atau nilai dari hasil aktifitas belajar siswa.
Two. Hadiah adalah memberikan sesuatu kepada orang lain sebagai penghargaan atau kenang-kenangan.
Three. Kompetensi adalah persaingan, dapat digunakan sebagai alat motivasi untuk mendorong anak didik agar mereka bergairah belajar.
Four. Ego invol vement untuk menumbuhkan kesadaran kepada siswa agar merasakan pentingnya tugas dan menerimanya sebagai tantangan sehingga bekerja keras dalam belajar.
Five. Memberi ulangan agar siswa mempersiapkan diri dengan belajar untuk menghadapi ulangan.
Six. Mengetahui hasil belajar siswa sebagai alat motivasi.
Seven. Ujian adalah bentuk Reinforcament yang positif yang sekaligus merupakan motivasi yang baik.
Eight. Hukuman untuk memperbaiki sikap dan perbuatan yang dianggap salah.
Nine. Hasrat belajar berarti ada unsur kesengajaan, ada maksud untuk belajar.
Ten. Minat kecendrungan yang tetap untuk memperhatikan dan mengenang beberapa aktifitas.
Eleven. Tujuan yang diakui memahami tujuan yang harus dicapai, sehingga menimbulkan gairah untuk terus belajar