Komponen yang berkaitan dengan pelaksanaan proses belajar mengajar
Komponen-komponen yang berkaitan dengan pelaksanaan proses belajar mengajar tersebut antara lain :
1.
Penguasaan bahan atau materi pelajaran
Guru yang berkualitas harus mampu menjadi demonstrator
yakni guru yang senantiasa menguasai bahan atau materi pelajaran yang akan
diajarkan serta selalu mengembangkan dan meningkatkan kemampuannya dalam hal
ilmu yang dimilikinya karena hal ini akan mementukan hasil belajar atau
prestasi yang akan dicapai oleh siswa.
2.
Pengelolaan program belajar mengajar yang meliputi :
a.
Merumuskan tujuan instruksional
b.
Mengenal dan memilih metode pengajaran
c.
Mengenal serta memahami karakter dan potensi siswa
3.
Pengelolaan kelas
Kelas merupakan tempat dimana guru dan siswa melaksanakan
proses belajar mengajar dan merupakan aspek dari lingkungan sekolah yang perlu
diorganisasikan agar kegiatan belajar terarah pada tujuan pendidikan yang ingin
dicapai.
4.
Penggunaan media dan sumber pembelajaran
Kemampuan guru sebagai mediator (Memilih dan menggunakan
media) diperlukan untuk menciptakan kondisi belajar yang merangsang agar proses
belajar mengajar dapat bejalan secara efektif dan efisien
5.
Penilaian atau evaluasi hasil belajar
Agar dapat menentukan tercapai atau tidaknya tujuan
pendidikan guru harus mampu menjadi evaluator karena evaluasi merupakan alat
untuk mengukur keberhasilan yang diperoleh siswa dalam proses belajar mengajar.
Dengan demikian profesionalitas atau kualitas guru
ditentukan oleh sikap dan cara guru tersebut dalam merealisasikan dan
memanfaatkan pengalaman, pengetahuan dan keterampilannya dalam melaksanakan
tugas-tugasnya, sehingga selalu relavan dengan tuntutan perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi khususnya di bidang pendidikan dan pengajaran.29
Oleh karena itu, guru yang professional harus memiliki
kemampuan dan keterampilan dalam proses belajar mengajar dan bisa menjadi
tauladan yang baik bagi siswa-siswinya.