Bentuk-Bentuk Supervisi Pendidikan

Bentuk-Bentuk Supervisi Pendidikan
Dalam kaitannya dengan tujuan pendidikan nasional maka supervisi pendidikan tidak dapat dipisahkan degan proses belajar mengajar, sebab tujuan dari supervisi pendidikan adalah untuk membina kearah perbaikan dan peningkatan situasi dan suasana belajar mengajar.
Untuk meningkatkan kualias mengajar guru, sebagai motivasi kepada para guru agar lebih bersemangat, maka kepala sekolah diharapkan selalu memberikan pendekatan, bimbingan dan penyuluhan.

Adapun tanggung jawab kepala sekolah dalam supervisi pendidikan dapat diwujudkan dalam beberapa bentuk, antara lain:
1.      Membimbing guru dalam memahami tujuan pendidikan dan pengajaran.
Dalam hal ini seorang kepala sekolah harus membimbing para guru untuk memahami tujuan pendidikan dan pengajaran, karena seorang guru harus mengetahui dengan jelas apa yang menjadi tujuan pendidikan yang hendak dicapai, tujuan disini merupakan factor yang sangat penting dalam proses belajar mengajar karena merupakan sasaran yang hendak dicapai.
2.      Membimbing guru dalam mencapai kecakapan mengajar
Kepala sekolah sebagai supervisor mempunyai keharusan untuk membimbing guru dalam mencapai kecakapan guru dalam mengajar. Hal ini merupakan factor yang yang turut menentukan keberhasilan murid dalam proses belajar mengajar, karena guru yang cakap dan terampil dalam mangajar akan mampu memotivasi siswanya untuk belajar aktif.
Beberapa hal yang harus dimiliki oleh guru untuk mencapai ketrampilan mengajar, yaitu:
a.       Penerapan sumber-sumber pengalaman belajar.
b.      Penggunaan metode mengajar
c.       Menggunakan dan membuat alat pelajaran.
d.      Membantu guru dalam mengevaluasi hasil belajar siswa
Membina moral kerja kelompok yang kuat