Contoh Laporan Penelitian dalam Pembuatan Skripsi

Contoh Laporan Penelitian dalam Pembuatan Skripsi

LAPORAN PENELITIAN

Sebelum  melaporkan hasil penelitian yang diperoleh, penulis melaporkan hal-hal yang berkenaan dengan kegiatan penelitian di lapangan, yang dalam hal ini meliputi hal sebagai berikut:
A.    Tahap Persiapan
Adapun yang dimaksud dengan tahap persiapan adalah awal yang dilakukan penulis sebelum terjun ke lapangan penelitian. Hal ini dalam rangka mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan kepentingan pelaksanaan penelitian untuk memperoleh data dan informasi yang lengkap dan akurat, sehingga pada waktu penelitian dilakukan dapat berjalan dengan baik, efektif dan efisien.

Contoh Laporan Penelitian dalam Pembuatan Skripsi

Adapun tahap persiapan yang penulis lakukan adalah sebagai berikut:
1.    Pencarian dan penetapan masalah;
2.    Pengajuan judul setelah disetujui dilanjutkan dengan study pustaka pada tanggal 17 Januari 2008;
3.    Mengajukan proposal, kerangka karangan serta instrumen penelitian pada tanggal 28 Februari 2008
4.    Minta surat rekomendasi ke STIKA untuk mengadakan penelitian dan mengusulkan pembimbing pada tanggal 11 Februari 2008
5.    Menyampaikan surat rekomendasi dari STIKA ke Kepala Madrasah Diniyah At-Thalibien Ellak Daya Lenteng Sumenep pada tanggal 11 Maret 2008;
6.    Menyampaikan surat permohonan  bimbingan kepada pembimbing I dan pembimbing II pada tanggal 20 Maret 2008;
B.    Tahap Pelaksanaan
Sebagaimana telah dijelaskan di muka bahwa disamping tahap persiapan dalam rangka penyelesaiaan penelitian ini adalah tahap pelaksanaan.
Adapun tahap pelaksanaan ini antara lain:
1.    Menyebarkan angket kepada responden pada tanggal 01 April 2008;
2.    Mengadakan wawancara dengan kepala madrasah dan ustadz pada tanggal 05 April 2008;
3.    Melakukan penelitian dokumen pada tanggal 08 April 2008
4.    Mentabulasi hasil angket
C.    Tahap Penyajian Data
Adapun data-data yang dapat penulis sajikan adalah sebagai berikut:
1.    Hasil Observasi
Pada bab sebelumnya ttelah dijelaskan bahwa salah satu metode yang penulis pergunakan adalah metode observasi. Dalam hal ini penulis amati adalah kondisi Kegiatan Belajar Mengajar terjemahan Al-Qur'an dengan metode lafzhiyah.
Dari observasi yang penulis lakukan dapat diperoleh informasi bahwa kondisi belajar mengajar terjemahan Al-Qur’an dengan metode lafzhiyah cukup baik, terbukti siswa merasa senang dan santai dalam belajar.
2.    Hasil Dokumentasi
1.    Struktur organisasi, dapat dilihat pada halaman lampiran;
2.    Keadaan jumlah  guru/karyawan, dapat dilihat pada halaman lampiran;
3.    Hal-hal yang berkaitan dengan data yang diperlukan seperti data sarana dan prasarana dan lain sebagainya dapat dilihat pada halaman lampiran.
3.    Hasil Interview
Berdasarkan pengamatan penulis, pelaksanaan Metode Lafzhiyah pada pengajaran terjemahan Al-Qur’an di Madrasah Diniyah At-Thâlibîn Ellak Daya Lenteng Sumenep sudah cukup baik. Hal itu sebagaimana yang penulis amati, mulai dari proses persiapan guru mengajar hingga selesai, metode ini cukup membuat siswa antusias dalam belajar terjemahan Al-Qur’an. Di samping itu, siswa merasa senang dan santai dalam belajar.
4.    Hasil Angket
Data hasil angket ini merupakan data yang dikumpulkan penulis dari pertanyaan-pertanyaan tertulis kepada 39 siswa kelas V Madrasah Diniyah At-Thâlibîn Ellak Daya Lenteng Sumenep. Data hasil angket ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu data tentang pelaksanaan metode lafzhiyah pada pengajaran terjemahan Al-Qur’an (Juz ‘Amma) di Madrasah Diniyah At-Thâlibîn Ellak
Semoga berkah Contoh Laporan Penelitian dalam Pembuatan Skripsi