Tempo Dalam Membaca Tajwid Al Qur'an

 Tempo Dalam Membaca Tajwid Al Qur'an

Ada empat macam tempo yang disepakati ahli tajwid yaitu:
  1. Tempo Tartil Membaca baca dengan pelan dan tenang maksudnya tidak tergopoh-gopoh namun tidak pula terseret-seret. Huruf diucapkan dengan jelas satu persatu, tepat menurut makhraj dan sifatnya. Terpelihara dengan baik ukuran panjang pendeknya serta berusaha mengerti kandungan maknanya.
     
    Tempo Dalam Membaca Tajwid Al Qur'an
  2. Tempo Tahqiq Bacaan dengan tempo ini pada dasarnya sama dengan tartil. Perbedaannya dalam bacaan ini lebih dipelankan dan apabila perlu ukurannya dapat melebihi tartil. Tempo ini hanya dipergunakan dalam pelajaran hingga hingga murid akan lebih dapat menangkap maksud dan mempraktekkannya.
     
  3. Tempo Hadr Bacaan Hadr merupakan lawan dari tartil yaitu membaca cepat tapi tetap menjaga hokum-hukumnya.cepat mengandung pengertian bukan kecepatan keluar huruf dari mulut tapi menggunakan ukiuran yang terpendek. Jadi jelas bacaan hadr tetap menjaga peraturan yang berlaku.
     
  4. Tempo Tadwir Bacaan tadwir adalah bacaan yang memakai ukuran pertengahan antara tartil dan hadr.21Dalam penelitian ini ukuran membaca al- Qur’an yang penulis maksudkan adalah bacaan yang tartil.
Bagi anda tempo mana yang paling cocok anda gunakan dalam membaca tartil tilawah al qur'an, semoga bermanfaat